Wisata Alam dan Tempat Camping di Sekitar Bandung

       Mungkin Kita kadang merasa jenuh dengan rutinitas sehari hari, Apa lagi kalau tinggal di perkotaan dengan berbagai macam Situasi yang begitu komplek , hingga kita terkadang memerlukan tempat untuk sekerdar menghilangkan kepenatan hidup, atau melepas kejenuhan , dengan mencari tempat alam terbuka, sebagai sarana rekreasi yang bisa dilakukan bersama keluarga.
        Salah satu cara untuk mencari hiburan dengan menikmati Alam yaitu Camping.
ini lah beberapa tempat Camping yang bisa anda kunjungi dan nikmati baik bersama Keluarga Maupun Teman yang berada di daerah Bandung dan sekitarnya..

1. Jaya Giri

 
          Jayagiri Sebuah tempat yang merupakan daerah kecamatan di Lembang Bandung Barat, Indonesia. Yang merupakan Kaki Gunung Tangkuban Parahu.
dan jarak dari Kecamatan Lembang  2 km, dari Cimahi sekitar 17 km, dan dari Kota Bandung sendiri lebih kurang 17 km Untuk masuk ke Hutan Jayagiri pengunjung mesti membayar tiket masuk (plus asuransi dari perhutani) Rp. 2.000, parkir kendaraan roda dua Rp.1.000, dan penitipan helmet Rp. 500. ± 150 m setelah portal Jayagiri, tanjakan mulai terlihat. 5 menit kemudian, kita akan menemukan 2 rute hiking, rute kiri adalah jalur pipa air dari mata air Jayagiri, relatif “agak landai”. Dan rute kanan (klasik) dengan banyaknya trap-trap tanjakan (mirip tanjakan kuburan kuda di gunung Ciremai) yang bikin dengkul dan paru-paru bekerja ekstra keras.
        Untuk Menuju kesana Sangat mudah, Kalau menggunakan kendaraan umum, Kalau dari Stasion Bandung anda bisa langsung menggunakan angot Jurusan Lembang dan langsung turun di Lembang, dari Terminal Leuwi Panjang Bisa Menggunakan Bis Kota Jurusan terminal Ledeng, dan di lanjutkan angkot yang menuju Lembang., Dari terminal Cicaheum menggunakan Angkot Ledeng dan dilanjutkan ankot lembang di terminal Ledeng.


2. Gunung Puntang


         Gunung Puntang terletak di daerah Cimaung Banjaran, Kabupaten Bandung. yang merupakan Tempat wisata di Bandung Selatan. 
         Daerah ini merupakan tempat camping yang sangat indah dengan berbagai macam tempat wisata yang dapat di jumpai di sana, mulai dari goa belanda, sungai, perkemahan sampai curug/air terjun.
        Biaya  masuk area wisata Gunung Puntang, dengan membayar di pos penjagaan, kurang lebih 15-20 ribu jika bawa mobil, dan bila menggunakan mobil umum cuma beberapa ribu rupia saja dan itu sudah termasuk asuransi dan jasa raharja.
       Untuk menuju ke sana sangat lah mudah karena ada petunjuk arah, kalau dari Bandung anda bisa menuju Banjaran dan dari banjaran bisa melanjutkan lagi ke kawasan tersebut. jika menggunakan kendaraan umum  dari terminal Banjaran anda bisa menggunakan angkutan pedesaan menuju Gambok Cimaung, dan langsung turun di pintu gerbang Gunung Puntang.
Sepanjang Jalan anda akan disuguhkan Pemandangan yang indah dan  kita akan melihat tebing gunung Puntang yang curam namun memukaw. Kalau pas beruntung kita dapat view yang sangat bersih, tapi kadang sering berselimut kabut.

3. Bumi Perkemahan Kiara Payung

   
           Kawasan Bumi Perkemahan Kiara Payung terletak di daerah Jatinangor Sumedang tepatnya Jalan Kiara Payung-Jatinangor (Jalan Raya Jatinangor)SumedangJawa Barat.
Lokasi wisata ini berada pada ketinggian 900 Mdpl (meter dari permukaan laut) dan sebagian besar wilayahnya terletak di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat.
Yang merupakan kaki Gunung Manglayang. (1.650 Mdpl) 
          Menuju Perkemahan ini Cukup Mudah kalau menggunakan mobil peribadi kalu dari bandung atau jakarta bisa keluar dari pintu Tol Cileunyi, dan menuju arah Sumedang, dari sana Paling sekitar 3 atau 4 Km saja. dan masuk kejalan Winaya mukti. dekat Universitas Pajajaran, jatinangor. tnggal langsung Keatas.
         Kalau menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bis Kota Dipati Ukur atau bis dari kebun Kelapa, turun di Jalan Unwim dan keatas menggunakan Ojeg. atau bis dari teminal Cicaheum jurusan Sumedang atau Cirebon. 

4. Bumi Perkemahan Cikole

   

             Bumi Perkemahan Cikole berlokasi di Desa Cikole daerah Lembang Kabupaten Bandung Barat teparnya Jl. Raya Tangkuban Perahu km. 30 Lembang, Bandung
Bumi Perkemahan Cikole/Cikole Endah merupakan lokasi wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani ini terletak sekitar 30 km dari Kota Bandung, 
          Untuk Menuju Kesana Dari bandung bisa langsung menuju Lembang dan hanya beberapa kilo meter dari kota lembang.  dan bila menggunakan Angkot dari lembang terdapat angkutan yang bisa langsung ketempat perkemahan Cikole. 


5. Batu Kuda

       
      Tempat perKemahan ini Terletak di kaki Gunung Manglayang, daerah cileuyi bandung barat, 
        Untuk mencapai daerah wisata perkemahan Batu Kuda, bisa dilewatidari beberapa jalur, bisa lewat jalur Cibiru. Dari Bandung kota kita ambil arah Cibiru, bundaran timur kota Bandung arah Cileunyi.
Kurang lebih 3 km dari bundaran Cibiru ada jalan belok kiri naik keatas, 
Perjalanan keatas sampai Batu Kuda kurang lebih 7 kiloan, meskipun jalannya agak sempit.
tapi selain hawanya yang sejuk juga anda dapat melihat hamparan kota bandung yang indah.


6. Ranca Upas

  
Bumi Perkemahan Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata di Ciwidey, Bandung Selatan. Tidak hanya para pecinta alam yang bisa menggunakan tempat ini untuk berkemah ataupun melakukan aktivitas alam lainnya.
Terletak pada ketinggian sekitar 1710 m dpl, dengan luas 215 ha. Terdapat banyak sekali daya tarik yang bisa Anda lihat dan Anda nikmati, contohnya seperti hawanya yang sejuk dengan suhu antara (18-23° C), panorama alam perbukitan yang hijau di sekitarnya dan di sinu juga terdapat penangkaran Rusa.
              Untuk menuju kesana kalau dari arah bandung anda busa keluar dari Pintu Tol Kopo belok kanan menuju Soreang dan silanjutkan menuju Ciwidey.
            atau menggunakan Bis dari terminal Leuwi Panjang turun di terminal Ciwidey kemudian naik angkot jurusan ke situ Patenggang. dan turun di pintu Gerbang Ranca Upas.

7. Gunung Putri

Air terjun di Gunung Putri, Bandung  
Tempat ini terletak di Desa Cihideung Lembang, Bandung, dengan menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau, 
untuk mencapai tempat ini melalui lembang bandung barat, dan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkot dari terminal lembang, dengan biaya yang sangat murah dengan tiket masuk hanya 5000 rupia.


8. Gunung Batu

       
           Gunung Batu (1.336 m dpl) terletak sekitar satu kilometer di selatan Kota Lembang. Gunung ini merupakan batuan bekas lava Gunung Sunda yang usianya diperkirakan 510.000 tahun. Bila kita cermati, gunung yang lebih tepat dikatakan bukit ini berada pada satu punggungan memanjang berarah timur barat, yang bermula di lereng Gunung Palasari dan berujung di sekitar Cisarua, Cimahi. Orang-orang di Bandung Utara menyebut punggungan memanjang itu dengan nama Gunung Malang, sedangkan para ahli ilmu kebumian menamakannya Patahan Lembang.
          Tempat ini merupakan Sebuah Gunung kecil dan jika kita berada di atasnya, sangat sangat indah, apa lagi kalau malam hari, lampu kota bandung dan lambang terhampar sangat indah. 
          Cuma untuk berkemah di sini harus membawa perbekalan air dari bawah karena di atas tidak terdapat sumber air.
        Untuk menuju kesini anda dapat melalui pasar lembang menuju cikidang atau melalui seko AU, menuju desa pager wangi. 

#di susun dari berbagai sumber.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kampung Adat Di Tatar Sunda