Ciri Khas dan Hal Unik Yang di Miliki Kota Bandung

        Kalau kita bicara Kota Bandung mungkin takan pernah habis, banyak cerita dan hal hal yang dapat kita ungkap dan sampaikan, tetapi ada beberapa hal yang identik dengan Kota Bandung.
       Dan ini lah beberapa hal yang menjadi Ciri Khas dan hal hal unik yang menarik dari Kota Bandung, yang bisa menjadi bahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

1. Fashion Dan Mode
           Sejak Dulu Kota Bandung telah menjadi Pusat dan Barometer Fashion dan Mode di Indonesia, banyak sekali model pakaian yang menjadi tren terlahir di kota bandung.
        ini terbukti dengan banyak nya Factory Outlet, Cloting, Distro, dan berbagai macam toko yang menjual segala macam pakaian dan asesoris mode.

       

2. Kuliner dan Oleh oleh
           Bandung merupakan sorga nya bagi para pemburu dan penikmat makanan, mulai dari kelas restoran, Cafe, Pedangan kaki Lima, yang menyajikan berbagai macam hidangan yang takan pernah di ragukan lagi kelezatannya.
           Kadang bagi orang Bandung yang sudah terbiasa makan enak ketika berkunjung keluar kota dalam mencari makanan  menjadi pilih pilih, takut tidak enak.kata orang sunda mah ogoan.
           Untuk oleh oleh banyak sekali bentuk ragam dan bentuknya yang berkaitan dengan makana, dari mulai Kue, Roti, Peuyeum dan lain lain, ' susah nyebutinya saking banyak hhe...

      

3. Gedung Tua dan Bersejarah
         Menurut sejarah pada masa penjajahan Belanda Tadinya Kota Bandung akan dijadikan Ibu Kota Pemeritahan. Sehingga banyak Sekali bangunan  peninggalan Belanda yang tersisa, walau pun dalam perkembangan nya sangat di sayangkan banyak gedung gedung tersebut, telah di bongkar karena pengaruh kekuasan, dan uang semata.
         Gedung Tua peninggalan belanda merupakan peninggalan yang mempunyai nilai tinggi dalam bentuk arsitektur yang indah. conto gedung Sate, Gedung Merdeka, dan banyak lagi.

     

4. Wanita atau Mojang Bandung
         Bandung sejak dulu sudah dikenal dengan slogan kota Kembang atau Kota bunga, dan menurut para budayawan yang mempelajari tentang kota Bandung bahwa kata Bunga disini merupakan kata kiasan yang bermakna Perempuan atau Mojang, karena di bandung banyak sekali Mojang Geulis ( Perempuan cantik), yang tinggal di bandung. 
         Malah ada Guyonan kalau ada 3 perempuan yang sedang berjalan bersama di kota Bandung  maka dapat di pastikan yang 2 pasti cantik, dan yang 1 lagi kalau jelek itu paling cuma pendatang.....hhe
         
5. Seniman dan Musik
        Banyak sekali seniman dan pemusik atau musisi yang lahir di kota ini, bahkan belantika musik Indonesia banyak di ramaikan  oleh para pemusik dari kota kembang, dari sejak jamannya Bimbo, sampai sekarang, jamannya NOAH, atau GIGI....serta para Artis dan Aktor.banyak terlahir di kota ini


6. Kota Kreatif
        Bandung dikenal juga dengan kota kreatif, banyak kegiatan dan acara yang tersuguh di kota kembang, 
hampir sepanjang tahun.

7. Gang Motor
      Ini mungkin salah satu kreatifnya anak muda Bandung walau menurut saya kurang pas dalam menyalurkan bakatnya karena nama Gang identik dengan konotasi negatif.
       Sajak dulu di kota Bandung bayak sekali gang gang motor yang malang melintang di dunia jalanan. dan kadang menakutkan bagi para warga bandung itu sendiri. 
        Berita Gang Motor Bandung sering kali menjadi berita di layar kaca.

8. Cuaca Kota Bandung
        Kota Bandung berada di ketinggian 700 Dpl dan di dunia kota yang berketinggian tersebut hanya ada 2. dan kota bandung sendiri dikelilingi gunung serta perbukitan hingga Cuaca di bandung Cukup sejuk kadang dingin.
        Semetara iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C, curah hujan rata-rata 200.4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21.3 hari per bulan.

9. Kota Yang di kelilingi Gunung 
          Bandung merupakan daerah Cekungan yang di kelilingi Gunung, hingga banyak sekali di sekitar bandung kawasan wisata alam.

10. PERSIB dan BOBOTOH
          Jangan mengaku Orang Bandung kalau tidak mengenal dan mencintai PERSIB, yaitu salah satu club Sepak Bola yang ada di kota bandung, dan para pendukung dan pecinta PERSIB itu di sebut dengan BOBOTOH.



11. Pedagang  Kaki Lima
         PKL di kota bandung Seperti jamur di musim hujan, hampir tiap sudut dan ruang di penuhi para PKL, namun saat ini alhamdulillah oleh Bapak Walikota yang baru  mulai di tata.....dan semoga saja bisa tertata rapi hingga tidak menjadi kesemrawutan wajah Kota, " Sareksek katinggalna kata orang sunda mah.

         
12. Kota Pendidikan
       Bandung merupakan salah satu tujuan untuk belajar bagi para palajar dan mahasiswa, karna di bandung terdapat banyak sekali tempat pendidikan dan Universitas yang ternama,
 bahkan dari Universitas itu telah banyak terlahir para pejabat dan pemikir yang hebat yang ada di Indonesia, seperti Ir. Soekarno yang lulusan dari ITB Bandung

13. Pecinta Alam
           Mungkin Karena kondisi Geografis kota bandung yang di kelilingi pegunungan maka di bandung banyak sekali kelompok kelompok pencinta Alam, mulai dari kalangan Kampus sampai masyarakat umum, Sebut saja salah satu kelompok Pencinta Alam Wanadri, yang terkenal baik oleh masyarakat Bandung maupun Indonesia, dan Wanadri merupakan Kelompok Pencinta Alam Tertua di Indonesia. berdiri sejak 16 Mei 1964.




14. Blok S 
         Suatu saat saya pernah ditanya Alamat oleh seorang kawan dari luar Kota yang menanyakan kalau Blok S di bandung dimana, saya jadi sedikit berpikir, karna sepengetahuan saya di bandung tidak ada daerah yang bernama Blok S, tapi setelah lama baru sadar ternya Blok S itu sebuah kawasan di daerah gardu jati, dan itu cuma istilah saja.....# lebih ricinya tentang Blok S ini Saya tak berani di ungkapkan di sini Gan ...mungkin dah pada tahu lah tempat apa itu....hhhe....

      Itulah beberapa hal walau mungkin hanya sebagian dan sekilas yang menjadi ciri khas dan unik di bandung, semoga dapat menambah wawasan tentang kota bandung, silahkan kunjungi Bandung gan, dijamin ketagihan...hhe 




       

Comments

Popular posts from this blog

Kampung Adat Di Tatar Sunda